Friday, February 25, 2011

Subhanalloh…Tahukah wahai anakku, bahwa sholat dapat membuat tubuhmu menjadi sehat?

Anak-anakku sayang,

Siapa yang tahu apa “oleh-oleh” Rasulullah sepulang dari perjalanan Isra’ Mi’raj? Pada peristiwa Isra’ Mi’raj, Rasulullah SAW diperintahkan oleh Allah SWT untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Kewajiban sholat itu juga bagi kita, seluruh umat Islam.

Anak-anakku sayang,

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari sholat, diantaranya adalah kita menjadi sehat. Sehat? Iya…sehat jasmani dan rohani. Kok bisa ya?

Sebelum sholat, kita harus berwudlu terlebih dahulu. Kita harus membasuhkan air pada bagian anggota wudlu kita. Dengan berwudlu, kita memenuhi perintah Allah dan juga membersihkan anggota tubuh kita. Jika tubuh kita bersih, kita akan menjadi…sehat. Masih ingat kan dengan peribahasa “Kebersihan pangkal kesehatan” kan?

Kemudian saat sholat, seluruh anggota tubuh kita dari kepala hingga ujung kaki bergerak. Gerakan itu akan memperlancar peredaran darah kita. Jantung akan memompa dan mengedarkan darah. Darah beredar mengangkut makanan dan oksigen yang dialirkan ke sel-sel tubuh kita. Selain itu, darah juga beredar untuk mengambil sisa-sisa zat makanan yang tidak terpakai. Jadi semua gerakan sholat yang kita lakukan mempunyai manfaat. Misalnya, ruku’. Hayoo…siapa yang bisa memberi contoh gerakan ruku’? baguus…anak sholeh. Gerakan ruku’ ini sangat bagus untuk mencegah penyakit yang menyerang ruas tulang punggung, otot dan urat syaraf. Gerakan sujud juga demikian, bagus untuk melancarkan peredaran darah, sehingga kebutuhan otak akan darah dan oksigen dapat terpenuhi. Begitu pula gerakan takbir, I’tidal, duduk di antara dua sujud, tahiyat akhir, dan salam. Semuanya mengakibatkantubuh kita bergerak. Tentu saja gerakan sholat ini harus mencontoh teladan kita. Siapa teladan kita? Iya…Rasulullah SAW.

Anak-anakku sayang,

Saat sholat bukan hanya jasmani kita yang sehat, tetapi rohani. Hmm…mengapa bisa begitu? Karena sesungguhnya sholat adalah rangkaian do’a. Apa yang kita baca mulai dari takbiratul ihrom sampai salam adalah dzikrullah dan do’a. Siapa yang rajin berdzikir dan berdo’a, Allah akan mencintainya. Jika Allah mencintai kita maka Allah pun akan mengabulkan do’a-do’a kita. Hmmm, siapa yang sudah hafal baca’an-baca’an di waktu sholat? Insya Allah…ibu akan memberi hadiah.

Oh ya, setelah sholat jangan langsung lari ya. Duduklah sebentar untuk…untuk berdo’a. Berdo’alah apa saja yang ingin kalian pinta, tentu berdo’a yang baik-baik ya... Tak lupa, do’akan juga kedua orang tua kalian, adik-kakak kalian, guru-guru kalian, teman-teman kalian, dan semua saudara-saudara kalian. Allah Maha Pemberi, sayangku. Insya Allah, Ia akan mengabulkan do’a-do’a anak sholeh seperti kalian.

Subhanalloh…ternyata sholat yang Allah perintahkan sangat bermanfaat bagi kita, yaitu menjadikan tubuh kita sehat. Bila tubuh kita sehat, kita akan bisa menjadi muslim yang kuat. Dan Allah sangat mencintai hamba-Nya yang taat dan kuat.

Ibu yakin, kalian tidak lagi bermalas-malasan menuju tempat sholat. Iya kaan? Yuuk kita bersegera menuju tempat sholat saat kita mendengar suara Adzan.

.


No comments:

Post a Comment